Profil Negara Berkembang Brasil

21:23:00
Profil Negara Berkembang Brazil

Pengertian Negara Brasil

Republik Federal Brasil adalah negara berkembang, paling besar dan paling banyak penduduknya yang terletak di Amerika Selatan. Negara ini terletak pada paling timur di Benua Amerika dan berbatasan dengan Samudra Atlantik dan Pegunungan Andes. Nama Brasil berasal dari nama sebuah kayu brasil, yang merupakan jenis kayu lokal. Brasil memiliki kota-kota utama dalam menjalankan sistem pemerintahan seperti Salvador, Porto Alegre, Recife, Sao Paolo, dan Rio de Janeiro. Di negara Brasil memiliki ibukota negara yang bertempat di Brasilia. Sistem pemerintahan di negara Brasil adalah Presidensial dimana sistem pemerintahan negara republik di mana kekuasaan eksekutif dipilih melalui pemilu dan terpisah dengan kekuasan legislatif. Bentuk pemerintahan di Brasil adalah Republik Federal yang dimana di negara tersebut merupakan federasi dari beberapa negara bagian dengan bentuk pemerintahan republik. Federasi adalah pemerintah pusat. Negara-negara dalam federasi juga menggunakan sistem federasi.




Letak Astronomis Dan Geografis

Letak astronomis terletak antara 5°16' LU - 33° 45' LS dan 46°45' BB - 74° 03' BB.


Letak geografis, batas-batas negara Brasil :

Sebelah utara berbatasan, Samudra Atlantik, Guyana, Suriname, dan Venezuela.
Sebelah selatan berbatasan, Samudra Atlantik, Uruguay, Paraguay, dan Bolivia.
Sebelah barat berbatasan, Peru dan Kolombia.
Sebelah timur berbatasan, Samudra Atlantik.
Luas wilayah Brasil ± 8.547.404 km².




Bentang Alam


1. Dataran rendah, Brasil memiliki dataran rendah yang memiliki lokasi di Dataran Rendah Amazon. Daerah ini terdapat di bagian utara Brazil yang terdiri atas cekungan dataran rendah yang sangat luas dengan luas sekitar 4 juta kilometer persegi yang ditumbuhi oleh hutan tropis Amazone.


2. Dataran tinggi, Brasil memiliki dataran tinggi yang terletak di sebelah kanan sungai Amazon. Dataran Tinggi terdiri dari tanah datar, memiliki ketinggian sekitar 984 sampai 1.640 kaki atau 300 sampai 500 meter di atas permukaan laut, dengan diselingi oleh rangkaian pegunungan rendah. Dataran Tinggi tersebut membentuk lereng yang cukup curam disebelah timur, dimana beberapa puncak memiliki ketinggian 8.202 kaki (2.500 meter) atau lebih, dan kemudian menurun dengan tajam ke dataran pantai Atlantik. Dataran tinggi paling luas adalah dataran tinggi Brasil dibagian timur. Dibagian tengah terdapat dataran tinggi Mato Grosso dan bagian selatan terdapat dataran tinggi Parana.


3. Pegunungan, Brasil memiliki pegunungan-pegunungan yang membatasi Brasil dengan Venezuela yang menjulang tinggi seperti di daerah ini terdapat puncak tertinggi di Brazil yaitu gunung Nebila yang memiliki ketinggian kurang lebih 3014m.




Iklim

1. Iklim tropis,
Di negara Brasil terjadi iklim tropis karena terletak di khatulistiwa dengan sedikit variasi. Curah hujan sangat tinggi di daerah Amazon sedangkan daerah yang lebih kering bisa ditemukan di daerah timur laut.


2. Iklim subtropis,
Di negara Brasil terjadi iklim subtropis karena wilayah brazil bagian selatan merupakan wilayah yang dibatasi oleh garis balik utara dan garis balik selatan pada lintang 23,5° utara dan selatan. Kondisi iklim subtropis diwarnai dengan gangguan dan rintangan dari alam seperti tornado, hujan salju, atau badai.



Komposisi Negara

Di Brasil suku asli yang terdapat di negara tersebut adalah Suku Awá-Guajá. Penduduk negara Brasil pada tahun 2017 berjumlah ± 207.494.000 jiwa yang menempati peringkat 5 terbanyak dalam jumlah penduduk pada tahun 2017.

1. Ibukota negara Brasil adalah Brasilia.
2. Kepala negara Brasil adalah Presiden.
4. Bentuk pemerintahan Brasil berupa Republik Federal.
5. Sistem pemerintahan Brasil berupa Presidensial.
6. Agama, terdiri dari Kristen, Islam, dan Yahudi.
7. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Portugis.
8. Lagu kebangsaan Brasil adalah Hino Nacional Brasileiro.
9. Mata uang adalah Real Brasil.




Perekonomian

1. Pertanian
Faktor yang mendorong kemajuan pertanian di Brasil :
a. Teknologi pertanian yang memadai,
b. Kualitas sumber daya manusia yang berpengalaman,
c. Memiliki kondisi cuaca yang mendukung pertanian,


Hasil komoditi :
a. Kapas, daerah Brasil yang banyak menghasilkan kapas adalah di Pernambuco dan Recife.
b. Tembakau, daerah Brasil yang banyak menghasilkan tembakau adalah di Sao Prancisco.
c. Cokelat, daerah Brasil yang banyak menghasilkan cokelat adalah di Victoria.
d. Kopi, daerah Brasil yang banyak menghasilkan kopi adalah di Santos dan Sao Paulo.


2. Peternakan
Negara Brasil merupakan salah satu negara berkembang di Amerika, itu menyebabkan bidang peternakan disana bisa dikatakan sangat berkembang karena mempunyai tenaga kerja yang berkualitas serta sudah dikelola dengan baik. Di Brasil daerah pusat peternakan berada di daerah Cuyaba.


3. Pertambangan
a. Bijih besi, daerah di Brasil yang banyak menghasilkan bijih besi adalah di daerah Belo Horizonte dan Itabira.
b. Mangan, daerah di Brasil yang banyak menghasilkan mangan adalah di daerah Minas Gerais.
c. Minyak, daerah di Brasil yang banyak menghasilkan minyak adalah di daerah lepas pantai kota Aracaju.
d. Batubara, daerah di Brasil yang banyak menghasilkan batubara adalah di daerah Tubarao.



4. Perikanan
Bidang perikanan di negara Brasil memiliki perkembangan yang pesat. Di Brasil tempat perikanan terdapat di sepanjang pantai Atlantik dan sungai-sungai di Amazon sedangkan jenis ikan yang di hasilkan antara lain croaken, udang, sarden dan lobster.


5. Perindustrian
a. Petrokimia, perindustrian petrokimia di Brasil berpusat di daerah Sao Paulo, Bahia, dan Rio Do Sul yang dimana terdapat industri petrokimia.
b. Baja, perindustrian baja di Brasil berpusat di daerah tepi sungai Paraiba yang dimana terdapat industri baja.
c. Pesawat terbang, perindustrian pesawat terbang di Brasil berpusat di daerah Embaraer Tucano yang dimana terdapat industri pesawat terbang.
d. Bahan kimia, perindustrian bahan kimia di Brasil berpusat di daerah Rio De Jeneiro. yang dimana terdapat industri bahan kimia.
e. Tekstil, perindustrian tekstil di Brasil berpusat di daerah Sao Paulo yang dimana terdapat industri tekstil.


6. Perdagangan
Komoditas import di negara Brasil antara lain seperti batu bara, minyak bumi, alat-alat transportasi, dan bahan-bahan karet sintetis. Sedangkan komoditas eksport negara Brasil antara lain kopi, tembakau, karet, kapas, gula, coklat, baja, bauksit, tekstil, bahan-bahan kimia dan baja.



Peta Brasil





Sewaktu-waktu informasi tentang negara ini bisa berubah.

Share this

I'm CEO & Founder in http://caritema.com & http://renaldyways.blogspot.com/


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
FAQ
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments