Profil Negara Berkembang India

14:28:00
Profil Negara Berkembang India


Pengertian Negara India

India merupakan negara berkembang yang terletak di benua asia bagian selatan. India memiliki kota-kota utama dalam menjalankan sistem pemerintahan maupun kegiatan penting seperti Mumbai, Ayodhya, New Dehli, Kolkata, Kurukshetra, Chandigard, Hyderabad, Mangalore dan Bhagalpur. Di negara India memiliki ibukota negara yang bertempat di New Dehli. Sistem pemerintahan di negara India adalah Parlementer dimana sebuah sistem pemerintahan yang parlemennya memiliki peranan penting dalam pemerintahan. Bentuk pemerintahan di India adalah Republik Konstitusional yang dimana di negara tersebut terdapat bentuk pemerintahan yang dikepalai oleh seorang presiden, dimana kekuasaan dan wewenangnya dibatasi oleh suatu lembaga konstitusi.



Letak Astronomis Dan Geografis

Letak astronomis terletak antara 8°LU - 37°LU dan 68° BT - 97°BT.


Letak geografis, batas-batas negara India :

Sebelah utara berbatasan, Nepal, Bhutan, dan Cina.
Sebelah selatan berbatasan, Sri Langka dan Samudera Hindia.
Sebelah barat berbatasan, Pakistan dan Laut Arab.
Sebelah timur berbatasan, Bangladesh, Myanmar, dan Teluk Benggala.
Luas wilayah India ± 3.287.590 km².



Bentang Alam

1. Dataran rendah, India memiliki dataran rendah yang memiliki lokasi di sebelah bagian tengah negara India yang merupakan dataran rendah Gangga. Wilayah tersebut memiliki karakteristik daerahnya memiliki kandungan mineral tanah yang sangat baik bagi tumbuh-tumbuhan yang hidup dan daerah ini juga dikenal subur, karena dilalui oleh Sungai Gangga dan Sungai Bharma Putra. Sehingga menjadikan daerah ini menjadi daerah pertanian dan daerah yang padat penduduknya.


2. Dataran tinggi, India memiliki dataran tinggi yang terletak di India bagian tengah. Di daerah tersebut merupakan wilayah yang berupa dataran tinggi Dekkan, daerah diantara dataran tinggi Dekkan dengan pegunungan Himalaya terdapat dataran tinggi Assam yang subur.


3. Pegunungan, India memiliki pegunungan-pegunungan yang membatasi daerah India pada bagian daerah utara yang terdapat daerah pegunungan Himalaya.




Iklim

1. Iklim tropis,
Di negara India memiliki iklim tropis di daerahnya, iklim tersebut terbagi menjadi atas 3 musim yaitu pertama musim dingin sekitar Oktober sampai dengan Februari) bertiup angin muson timur laut dari daratan Asia. Kedua musim panas sekitar Maret sampai dengan Mei bertiup angin muson timur laut yang kering tapi ada turun hujan walaupun masih sedikit. Ketiga musim hujan sekitar Juni sampai dengan September bertiup angin muson barat daya yang membawa hujan lebat.




Komposisi Negara

Di India penduduk yang merupakan penduduk yang berada di India merupakan bangsa Hindu, Dravida, Dekan, Mongol dan Munda. Penduduk negara India pada tahun 2017 berjumlah ± 1.303.010.000 jiwa yang menempati peringkat 2 terbanyak dalam jumlah penduduk pada tahun 2017.

1. Ibukota negara India adalah New Delhi.
2. Kepala negara India adalah Presiden.
4. Bentuk pemerintahan India berupa Republik Konstitusional.
5. Sistem pemerintahan India berupa Parlementer.
6. Agama, terdiri dari Hindu, Islam, Kristen, dan Sikh.
7. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Hindi.
8. Lagu kebangsaan India adalah Jana-Gana-Mana.
9. Mata uang adalah Rupee India.





Perekonomian

1. Pertanian
Faktor yang mendorong kemajuan pertanian di India :
a. Daya beli dan minat masyarakat cukup tinggi,
b. Kebutuhan akan hasil pertanian yang tinggi,
c. Memiliki kondisi cuaca yang mendukung pertanian.

Hasil komoditi :
a. Teh, daerah India yang banyak menghasilkan teh adalah di daerah Darjeeling, Assam dan bukit Nilgiri.
b. Tebu, daerah India yang banyak menghasilkan tebu adalah di daerah lembah Sungai Gangga, delta sungai Godavari.
c. Yute, daerah India yang banyak menghasilkan yute adalah di daerah delta sungai Gangga di Bihar dan Orissa.



2. Peternakan
Negara India merupakan salah satu negara berkembang di Asia, itu menyebabkan bidang peternakan disana bisa dikatakan cukup berkembang karena mempunyai tenaga kerja yang berkualitas serta sudah dikelola dengan baik. Di India peternakan yang dikembangkan oleh sebagian besar penduduk India, diantaranya sapi, biri biri, dan kambing. Masyarakat India ada juga yang menyucikan beberapa binatang seperti lembu, kera, dan ular


3. Pertambangan
a. Mangan, daerah di India yang banyak menghasilkan mangan adalah di daerah daerah timur semenanjung.
b. Bauksit, daerah di India yang banyak menghasilkan bauksit adalah di daerah Bihar, Gujarat dan Madya Pradesh.


4. Perikanan
Bidang perikanan di negara India memiliki perkembangan yang cukup baik. Di India juga terdapat salah satu tempat pelabuhan dan pemrosesan ikan yaitu di daerah Calcutta yang merupakan pelabuhan laut terpenting bagi India dan Bombay yang merupakan pelabuhan laut nomor dua bagi India.


5. Perindustrian
a. Tekstil, perindustrian tekstil di India berpusat di daerah Mumbai, Chennai, dan Calcuta yang dimana terdapat industri tekstil.
b. Kain goni, perindustrian kain goni di India berpusat di daerah Calcuta yang dimana terdapat industri kain goni.
c. Pesawat terbang, perindustrian pesawat terbang di India berpusat di daerah Kanpur yang dimana terdapat industri pesawat terbang.
d. Mobil, perindustrian mobil di India berpusat di daerah Mumbai dan Madras yang dimana terdapat industri mobil.
e. Besi baja, perindustrian besi baja di India berpusat di daerah Jamshedpur yang dimana terdapat industri besi dan baja.


6. Perdagangan
Komoditas import di negara India antara lain seperti hasil tambang, hasil pertanian, hasil kehutanan, hasil perkebunan, dan hasil kelautan. Sedangkan komoditas eksport negara India antara lain hasil industri berupa mesin-mesin, motor, bahan kimia, pupuk, tekstil dan baja.




Peta India





Sewaktu-waktu informasi tentang negara ini bisa berubah.

Share this

I'm CEO & Founder in http://caritema.com & http://renaldyways.blogspot.com/


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
FAQ
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments