Profil Negara Berkembang Indonesia

16:05:00

Pengertian Negara Indonesia

Indonesia atau dikenal dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara berkembang yang berada di Benua Asia bagian tenggara. Negara Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia, Indonesia sendiri juga terlewati oleh Garis Khatulistiwa serta di apit oleh dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Negara Indonesia memiliki ibukota yang bertempat di Jakarta. Indonesia merupakan negara republik dimana negara tersebut dipimpin oleh seorang presiden.




Letak Astronomis Dan Geografis

Letak astronomis terletak antara 6o LU - 11o LS dan antara 95o BT - 141o BT.



Letak geografis, batas-batas negara Indonesia :

Sebelah utara berbatasan, Malaysia, Singapura, Samudera Pasifik, Filipina, Thailand, dan Vietnam.
Sebelah barat berbatasan, Samudera Hindia dan negara India.
Sebelah selatan berbatasan, Samudera Hindia dan negara Timor Leste.
Sebelah timur berbatasan,  Papua Nugini.

Luas wilayah negara Indonesia mencapai ±1904677,26 km2.




Bentang Alam

1. Dataran rendah, Indonesia memiliki dataran rendah yang sangatlah luas memiliki lokasi di sepanjang pantai timur Sumatera, pantai utara Jawa Barat, pantai selatan Kalimantan, pantai Irian Jaya bagian barat dan banyak dilalui sungai-sungai besar seperti Sungai Kapuas, Sungai Mahakam, Sungai Bengawan Solo dan Sungai Musi sehingga sangat cocok untuk melakukan kegiatan cocok tanam maupun pertanian.

2. Dataran tinggi, Indonesia memiliki dataran tinggi yang banyak dijumpai di daerah Dataran Tinggi Gayo, Dataran Tinggi Dieng, Dataran Tinggi Malang, dan Dataran Tinggi Alas. Dataran yang berada di Indonesia memiliki ketinggian lebih dari 1500 mdpl sehingga cocok untuk melakukan kegiatan perkebunan di daerah dataran tinggi.

3. Pegunungan, Indonesia memiliki banyak sekali pegunungan-pegunungan seperti halnya Pegunungan Jayawijaya yang terletak di Papua yang pada puncaknya terdapat salju yang menutupi bagian atas pegunungan, Pegunungan Bukit Barisan di Sumatera, Pegunungan Foja, Pegunungan Barisan Sudirman dan masih banyak lagi pegunungan yang ada di Indonesia.




Iklim

1. Iklim Tropis,
Di Indonesia wilayah yang berada di sekitar garis khatulistiwa akan otomatis merasakan iklim tropis yang bersifat panas dan hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan.


2. Iklim Muson
Di Indonesia iklim jenis ini dipengaruhi oleh adanya angin musiman yang datang berubah-ubah setiap periode tertentu. Biasanya perubahan angin muson terjadi sekitar satu periode atau kurang lebih 6 bulan. Iklim jenis ini terdiri dari 2 jenis musim, yaitu angin musim barat daya atau dikenal muson barat dan angin musim timur laut atau dikenal muson timur. Angin muson barat biasanya bertiup di bulan oktober hingga april yang basah sehingga membawa musim penghujan. Angin muson timur biasanya bertiup sekitar bulan april hingga bulan oktober yang sifatnya kering yang mengakibatkan wilayah Indonesia mengalami musim kemarau.


3. Iklim Laut

Di Indonesia yang merupakan negara archipelago atau kepulauan yang memiliki banyak wilayah laut yang mengakibatkan penguapan air laut menjadi udara yang lembab dan memiliki curah hujan yang tinggi.



Komposisi Negara

Penduduk suku di negara Indonesia sebagian besar berasal dari Suku Jawa, diikuti oleh Suku Sunda, Batak, Sulawesi, Madura, Betawi, Minangkabau, Bugis, Banten, Banjar, Bali, dan Sasak. Penduduk negara Indonesia pada tahun 2013 berjumlah ±249.900.000 jiwa yang menempat peringkat keempat dengan penduduk terbanyak di dunia pada tahun 2005.


1. Ibukota negara Indonesia adalah Jakarta.
2. Kepala negara Indonesia adalah Presiden.
3. Bentuk pemerintahan Indonesia berupa Republik Konstitusional.
4. Sistem pemerintahan Indonesia berupa Sistem Presidensial.
5. Agama, terdiri dari agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.
6. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia.
7. Lagu kebangsaan Indonesia adalah Indonesia Raya.



Perekonomian

1. Pertanian
Faktor yang mendukung pertanian di Indonesia :
a. Wilayah daratan yang luas,
b. Wilayah daratan yang subur,
c. Mudah untuk ditanami oleh berbagai banyak tumbuhan,


Hasil komoditi :
a. Padi, daerah Indonesia yang banyak menghasilkan padi adalah di daerah Pulau Jawa dan Sumatera.
b. Jagung, daerah Indonesia yang banyak menghasilkan jagung adalah di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.
c. Ubi kayu, daerah Indonesia yang banyak menghasilkan ubi kayu adalah di daerah Sumatera dan D.I.Y.
d. Kedelai, daerah Indonesia yang banyak menghasilkan kedelai adalah di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.
e. Kacang Tanah, daerah Indonesia yang banyak menghasilkan kacang tanah adalah di daerah Jawa , Bali , Nusa Tenggara.



2. Peternakan
a. Sapi, daerah Indonesia yang banyak melakukan peternakan sapi adalah di daerah Bali, Madura dan Malang, Sumba, Lembang, dan Boyolali.
b. Kerbau, daerah Indonesia yang banyak melakukan peternakan kerbau adalah di daerah Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Jawa Tengah.
c. Kambing, daerah Indonesia yang banyak melakukan peternakan kambing hampir tersebar di seluruh Indonesia. Peternakan kambing banyak dilakukan di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.
d. Unggas, ternak unggas yang paling banyak diusahakan di Indonesia adalah ayam dan itik. Ternak unggas terdapat di seluruh Indonesia terutama ternak ayam yang paling banyak diusahakan biasanya oleh keluarga.


3. Pertambangan
a. Minyak bumi, daerah di Indonesia yang banyak menghasilkan minyak bumi adalah di daerah Cilacap, Majalengka,dan Jatibarang.
b. Besi, daerah di Indonesia yang banyak menghasilkan besi adalah di daerah Pulau Sebuku, Pegunungan Verbeek, dan Cilacap.
c. Bauksit, daerah di Indonesia yang banyak menghasilkan bauksit adalah di daerah Singkawang dan Pulau Bintan.
d. Batu bara, daerah di Indonesia yang banyak menghasilkan batubara adalah di daerah Sawahlunto dan Bukit Asam.
e. Emas, daerah di Indonesia yang banyak menghasilkan emas adalah di Timika.
f. Tembaga, daerah di Indonesia yang banyak menghasilkan tembaga adalah di Tembagapura.


4. Perikanan
Hasil Perikanan di Indonesia yang banyak di ekspor merupakan hasil dari laut antara lain ikan tuna, cakalang, udang dan bandeng.


5. Perindustrian
a. Pesawat terbang, perindustrian pesawat terbang di Indonesia berpusat di daerah Bandung yang dimana terdapat industri pesawat terbang yaitu PT Dirgantara Indonesia.
b. Kapal, perindustrian kapal di Indonesia berpusat di daerah Surabaya yang dimana terdapat industri kapal yaitu PT Pal.
c. Besi dan baja, perindustrian besi dan baja di Indonesia berpusat di daerah Cilegon yang menjadi lokasi industri besi dan batu bara yaitu PT Krakatau Steel.
d. Pupuk, perindustrian pupuk di Indonesia berpusat di daerah Palembang dan Bontang yang menjadi pusat industri pupuk di Indonesia yaitu Pupuk Sriwijaya dan Pupuk Kaltim.
e. Semen, perindustrian semen di Indonesia berpusat di daerah Gresik dan Padang yang terdapat industri semen.



6. Perdagangan
Komoditas ekspor di negara Indonesia antara lain minyak, nonminyak, gas, komoditas pertanian, komoditas pertambangan, komoditas kehutanan, komoditas industri, kerajinan, dan jasa. Selain itu Indonesia juga melakukan kegiatan impor yang berupa barang modal, bahan baku, barang-barang konsumsi, dan minyak bumi.




Peta Indonesia





Sewaktu-waktu informasi tentang negara ini bisa berubah.

Share this

I'm CEO & Founder in http://caritema.com & http://renaldyways.blogspot.com/


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
FAQ
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments