Profil Negara Maju Jerman

15:55:00
Profil Negara Maju Jerman

Pengertian Negara Jerman

Jerman merupakan negara maju yang terletak di benua Eropa bagian tengah. Jerman memiliki kota-kota utama dalam menjalankan sistem pemerintahan seperti Berlin, Hamburg, Munich, dan Frankfrut. Di negara Jerman memiliki ibukota negara yang bertempat di Berlin. Sistem pemerintahan di negara Jerman adalah Parlementer dimana Kanselir sebagai kepala pemerintahan. Bentuk pemerintahan di Jerman adalah Republik Konstitusional yang dimana di negara tersebut terdapat bentuk pemerintahan yang dikepalai oleh seorang presiden, dimana kekuasaan dan wewenangnya dibatasi oleh suatu lembaga konstitusi.



Letak Astronomis Dan Geografis

Letak astronomis terletak antara 47° LU-55° LU dan 6° BT-15° BT.


Letak geografis, batas-batas negara Jerman :

Sebelah utara berbatasan, Laut Balatik, Denmark, dan Laut Utara.
Sebelah selatan berbatasan, Swiss dan Austria.
Sebelah barat berbatasan, Belanda, Luxsemburg, Belgia, dan Perancis.
Sebelah timur berbatasan, Polandia, Ceko, dan Slovakia.
Luas wilayah Jerman ± 357.168 km².




Bentang Alam

1. Dataran rendah, Jerman memiliki dataran rendah yang memiliki lokasi di sebelah bagian utara negara Jerman yang merupakan dataran paling luas di Jerman. Wilayah tersebut memiliki karakteristik daerahnya hampir seluruh daerah tersebut datar dan memiliki ketinggian kurang dari 91 meter di atas permukaan laut. Daerah ini dialiri oleh beberapa sungai utama yang mengalir ke arah utara menuju Laut Utara dan Laut Baltik. Sungai yang terletak di daerah tersebut antara lain seperti Sungai Rhine, Elbe, Oder, Ems, dan Weser. Di daerah sungai-sungai tersebut banyak terdapat pelabuhan dan industri-industri yang berkembang di daerah tersebut.


2. Dataran tinggi, Jerman memiliki dataran tinggi yang terletak di Jerman bagian tengah. Di daerah tersebut merupakan wilayah yang berupa plato yang terletak memanjang dari daerah yang datar hingga sampai ke pegunungan. Daerah ini memiliki ketinggian kurang lebih 300 sampai dengan 760 meter di atas permukaan laut.


3. Pegunungan, Jerman memiliki pegunungan-pegunungan yang membatasi daerah Jerman dengan Austria yaitu Pegunungan Alpen. Perbukitan di Jerman mendominasi yang memanjang dari barat daya ke timur laut wilayah Jerman. Daerah tersebut dialiri oleh Sungai Rhine dan memiliki 2 anak sungai yaitu, Sungai Main dan Sungai Neckar.




Iklim

1. Iklim laut sedang,
Di negara Jerman daerah yang mengalami iklim laut sedang adalah di daerah Jerman bagian barat. Iklim tersebut sama dengan negara Belanda yang terletak di sebelah barat Jerman.

2. Iklim darat,
Di negara Jerman daerah yang mengalami iklim darat adalah di daerah Jerman bagian timur dan selatan. Iklim darat memiliki suhu yang rendah serta terjadi hujan salju di musim dingin dan memiliki suhu panas hingga mencapai 40°C saat musim panas.




Komposisi Negara

Di Jerman penduduk asli yang menetap di negara tersebut adalah bangsa Jerman. Penduduk negara Jerman pada tahun 2014 berjumlah ± 81.197.500 jiwa yang menempati peringkat 16 terbanyak dalam jumlah penduduk pada tahun 2014.

1. Ibukota negara Jerman adalah Berlin.
2. Kepala negara Jerman adalah Presiden.
4. Bentuk pemerintahan Jerman berupa Republik Konstitusional.
5. Sistem pemerintahan Jerman berupa Parlementer.
6. Agama, terdiri dari Kristen, Islam, Yahudi, Budha, dan Hindu.
7. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Jerman.
8. Lagu kebangsaan Jerman adalah Deutschlandlied.
9. Mata uang adalah Euro.




Perekonomian


1. Pertanian
Faktor yang mendorong kemajuan pertanian di Jerman :
a. Teknologi pertanian yang modern,
b. Kualitas sumber daya manusia yang maju,
c. Memiliki kondisi cuaca yang mendukung pertanian,
d. Pengelolaan budidaya pertanian yang baik,
e. Modal yang tersedia bagi perekomonian memadai,
f. Daya beli dan minat masyarakat cukup tinggi.

Hasil komoditi :
a. Oats, daerah Jerman yang banyak menghasilkan oats adalah di daerah dataran Jerman Utara.
b. Kentang, daerah Jerman yang banyak menghasilkan kentang adalah di daerah dataran Jerman Utara.
c. Gandum, daerah Jerman yang banyak menghasilkan gandum adalah di daerah dataran Jerman Selatan.
d. Bit gula, daerah Jerman yang banyak menghasilkan bit gula adalah di daerah dataran Jerman Selatan.


2. Peternakan
Negara Jerman merupakan salah satu negara maju di Eropa, itu menyebabkan bidang peternakan disana bisa dikatakan sangat maju karena mempunyai tenaga kerja yang berkualitas serta sudah dikelola dengan baik. Di Jerman peternakan yang dikembangkan adalah peternakan babi yang memegang usaha paling penting, disusul oleh peternakan sapi dan biri-biri.


3. Pertambangan
a. Potas, daerah di Jerman yang banyak menghasilkan potas atau garam kalium adalah di daerah Hanover.
b. Batu bara, daerah di Jerman yang banyak menghasilkan batubara adalah di daerah Sungai Ruhr dan Sungai Saar.
c. Timah hitam, daerah di Jerman yang banyak menghasilkan timah hitam adalah di Pegunungan Harz dan Pegunungan Eifel.


4. Perikanan
Bidang perikanan di negara Jerman memiliki perkembangan yang pesat. Di Jerman juga terdapat salah satu tempat pengolahan dan pemrosesan ikan yaitu di Deutsche See di Bremerhaven, salah satu perusahaan pemrosesan ikan terbesar di Jerman.


5. Perindustrian
a. Besi, perindustrian besi di Jerman berpusat di daerah Ruhr, Saar, dan Bremen yang dimana terdapat industri besi.
b. Baja, perindustrian baja di Jerman berpusat di daerah Ruhr yang dimana terdapat industri baja.
c. Penyulingan minyak, perindustrian penyulingan minyak di Jerman berpusat di daerah Bavana Tengah dan kota Karlsruhe yang dimana terdapat industri penyulingan minyak.
d. Mobil, perindustrian mobil di Jerman berpusat di daerah Lower Saxony, Stuttgart dan Munich. yang dimana terdapat industri mobil diantara lain mobil merk VW di Lower Saxony, mobil merk Mercedes Bens di Stuttgart dan mobil merk BMW di Munich.
e. Tekstil, perindustrian tekstil di Jerman berpusat di daerah Wappertal, Aken, Hannover, dan Munich yang dimana terdapat industri tekstil.
f. Mesin, perindustrian mesin di Jerman berpusat di daerah Leipzig, Kiel, Humburg, Munnich, dan Hannover yang dimana terdapat industri mesin.
g. Listrik, alat ukur dan alat optik, perindustrian listrik, alat ukur dan alat optik di Jerman berpusat di daerah Leizig, Dresden, dan Erfurt yang dimana terdapat industri listrik, alat ukur dan alat optik.


6. Perdagangan
Komoditas import di negara Jerman antara lain seperti hasil tambang, hasil pertanian, hasil kehutanan, hasil perkebunan, dan hasil kelautan. Sedangkan komoditas eksport negara Jerman antara lain hasil industri berupa mobil, motor, mesin-mesin, senjata, gandum, dan barang elektronik.




Peta Jerman




Sewaktu-waktu informasi tentang negara ini bisa berubah.

Share this

I'm CEO & Founder in http://caritema.com & http://renaldyways.blogspot.com/


Artikel Menarik Lainnya

Next Article
Next Post
Previous Article
Previous Post
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
FAQ
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments